Kuburan Band ( Konsep dan tema Seram)




Satu
lagi band asal Bandung yang ikut meramaikan blantika musik Indonesia. Dia adalah Kuburan Band. Media musik dan panggung merupakan alat yang dirintis oleh KUBURAN.Dengan maksud tidak mengkotak-kotakan musik, KUBURAN pun mengproklamirkan genremusik ala mereka METAL HIDROLIK.KUBURAN band terbentuk pada tahun tahun 2001. Awalnya, kuburan bermusik di jalur Independen (indie). Tahun 2006 lalu, mereka dengan berbagai rintangan, keberanian dan keyakinan, melepaskan album perdananya yang bertajuk 'Greatest Hits Vol.2'.Di album ini berisikan 14 lagu dengan berbagai jenis musik, mulai dari DANGKER (dangdut Keras) hingga musik Kolosal. Personil KUBURAN pada album ini adalah Rully ( Penyanyi Inti ) , Iqbal (Vokalis Utama) , Urie ( Pelantun Tembang ) , Dino (Pemukul Dramer ) , Raka (Pemain Gitaris ) , Denny ( TheBassistman ) , DOnny ( Gitar is Melodi ) , Udhe ( Kiboran ).Sukses melambungkan karya-karya mereka diantaranya A Letter To Euis , Tua Tua Klabing (feat.Ratu Akay) , 23 Tahun , Kembang

Mungkin tidak ada band di tanah air yang paling unik dan aneh penampilannya selain Kuburan band.

Jika beberapa band penampilan para personelnya tampil necis, band yang beraliran musik metal hidrolik ini malah sebaliknya. Setiap kali manggung, penampilan para personel kuburan band selalu mencerminkan nama band mereka

Wajah dan kostum mereka di rias seperti eksentrik mirip setan. Selain itu, lagu dan musik band asal kota kembang, Bandung ini pun terbilang unik.

Tria yang mengaku sebagai ujung tombak dari band ini pun mengajak tim cumi untuk melihat studio tempat mereka berlatih vocal.

“Langsung kita masuk ruangan, keadaanya lebih tegang di sini, oke, kita lihat di sini emang kosong gak ada apa-apa, gak ada siapa-siapa yah, ini ini ruang dimana kita mengkonsepkan sesuatu, yang akan dimatangkan didalam situ, di sini ada komputer sekedar mendraft sesuatu ada majalah buat kita baca kalau boring. di sini memang masih kosong emang hiasan-hiasang gitu aja yah”.

Beranjak dari ruangan yang disebut ruangan konsep, Priya, vokalis kuburan band mengantar ke ruangan lain, dimana lagu hasil kreatifitas mereka diolah.

“Oke kita masuk ke ruangan berikutnya ini lebih tegang lagi, inilah ruangan dimana kita melakukan, mematangkan konsep-yang sudah kita gojlok-gojlok.”.

Kuburan band telah meluncurkan dua album dengan album teranyar mereka berjudul “Booming, be are the kill young pen think gun thank”.

Dan bukan kuburan band kalau tidak berpola tingkah yang tidak lazim. Ada kesan humor di balik penampilan mereka yang serius dan menyeramkan.

Hal itu mereka suguhkan di sela-sela aktivitas mereka sedang berkreasi dalam bermusik.
Tampak jelas bahwa penampilan kuburan band merupakan perpaduan antara seni musik, vokal dan teater. Sebab, keseluruhan penampilan mereka tidak luput dari ketiga cabang kesenian tersebut.

Kabarnya, kuburan band lebih cenderung mengutamakan penampilan thetrikal di atas panggung ketimbang kualitas musikalitas yang mereka bawakan. Sejauh mana anggapan tersebut meyakinkan, tentu saja waktu yang akan membuktikannya.


5 komentar:

musicmaniac on 21 Mei 2009 23.19 mengatakan...

Wah hail Indonesian metal,di mana boleh dengar sample lagunya?

Karumbu on 22 Mei 2009 13.32 mengatakan...

sebenernya saya gak ngerti soal musik. tapi bolehlah belajar ttg musik lewat blog ini. makasih ya.

soff-tis on 22 Mei 2009 18.19 mengatakan...

ehmm,menurut saya band ini unix dan agak aneh.tapi karena keanehannya inilah banyak orang tertarik.ini dibuktikan dengan melejitnya nama mereka di belantika musik.tapi tidak harus menjadi "aneh" kan untuk bisa melejit.hanya pemusik yg konsisten dengan diri mereka yang akan bertahan.salam sukses buat yg nulis artikel,dan salam sukses pula untuk kuburan band.

BATANG KOMUNITAS mig33 on 23 Mei 2009 22.58 mengatakan...

Ali Sakit menulis

BOIKOT KUBURAN BAND

aksi solidaritas scene BLACK METAL dan GOTHIC METAL juga semua UNDERGROUNDERS.Teriakkan sekarang.

BOIKOT KUBURAN BAND..!!

kenapa?
1.melegalkan logika bahwa style black metal dan gothic metal hanya sebuah musik keroncong asal bunyi dan pantas ditertawakan.Junjung tinggi style kita !!
2.Membiarkan logika ini ada dan tidak dibantai,sama dengan membunuh scene ini.Secara terang-terangan,ini penghinaan atas scene extreme metal.
3.Hal ini akan menghasilkan apatisme yg lebih parah di scene ini. Alasan "itu urusan mereka" tidak bisa dipakai untuk menjawab kasus ini.Masalah karya mereka,sah-sah saja.Tapi tentang style metal yg berkesan lawakan,kami terhina.!!(anjing..!! Gue dah mulai muak dengan terminology yg timbul)
4.Ini hanya tambahan,yaitu menurunkan selera musik anak negeri.Kebebasan berkarya yang menurunkan mutu.Asal bunyi

si embah on 24 Mei 2009 20.38 mengatakan...

pa kuburan ga ganggu image para black metal tuch?
tp lagu-lagunya emang keren sih

Posting Komentar

 

..::SITUS RESMI BAND INDIE::.. Copyright © 2008 Black Brown Pop Template by Ipiet's Blogger Templatedesign by army ulasthree